Bagaimana Cara membuat kutipan di microsoft word

2/18/2025 12:49:00 AM ・0 comments


Di posting kali ini saya akan share cara mudah dalam menggunakan fitur sitasi/kutipan/referensi. Untuk contohnya disini saya gunakan Microsoft Word Office 365, untuk versi Word yang lainnya  kurang lebih sama juga caranya.

Sebelum kita mulai cara menggunakan sitasi di Word, yang perlu diperhatikan adalah sumber referensi apa saja yang bisa kita gunakan untuk karya ilmiah khususnya skripsi. Berikut daftar sumber referensi tersebut:
  1. Buku dengan nomer ISBN resmi,
  2. Jurnal Cetak atau Jurnal Online
  3. Surat kabar atau Majalah
  4. Naskah Skripsi
  5. Website resmi instansi/perusahaan yang bereputasi
Khusus website ini kita tidak bisa menggunakan web asal-asalan, seperti blog, wikipedia atau tulisan orang yang tidak ilmiah. Tetapi kita bisa mengambil sumber referensi dari website dimana yang menerbitkan adalah instansi/perusahaan yang bereputasi. Contohnya anda menggunakan sumber referensi dari dokumentasi framework CodeIngniter di website, naah.. hal itu bisa kita gunakan karena diterbitkan oleh instansi resmi yaitu British Columbia Institute of Technology sebagai pengembang framwork CodeIgniter. Amannya silahkan diskusikan dengan dosen pembimbing untuk masalah sumber referensi web ini.

Oke, kita mulai saja cara menggunakan sitasi di Word. Setelah kita buka aplikasi Word, pilih tab Referensi atau References kemudian terdapat satu blok bagian Referensi yang nantinya akan kita gunakan. Seperti pada gambar dibawah ini


Untuk menambah daftar referensi, pertama klik tombol Kelola Sumber/Citations yang akan memunculkan window Pengelola Sumber. Jika belum ada data sumber yang akan digunakan, klik tombol Baru dimana akan muncul tampilan window Buat Sumber. Selanjutnya isikan tipe sumber (buku, situs web, artikel jurnal, laporan, paten, dll), pengarang, judul, tahun, kota dan penerbit. Untuk beberapa tipe sumber field tersebut tidak wajib diisikan, tetapi lebih baiki lagi jika semua field terisi, untuk memperjelas dan lebih detail informasi sumber referensi karya kita.

Window Pengelola Sumber
Window Buat Sumber, contoh menambahkan referensi tipe Buku
Setelah kita tambahkan beberapa sumber referensi, pada window Pengelola Sumber akan muncul daftar referensi tersebut. Supaya dapat digunakan pada file kita, maka pindahkan daftar referensi tersebut ke bagian kanan (Daftar saat ini) menggunakan tombol Salin ->

Cara melakukan kutipan pada paragraf yang kita tuliskan yaitu dengan cara memilih tombol Sisipkan Kutipan/Insert Citation, kemudian pilih sumber referensi yang muncul, maka secara otomatis pada paragraf akan muncul kutipan tersebut.


Menambahkan kutipan (Dengan style IEEE)
Pada gambar diatas kita menambah kutipan dengan style IEEE. Terdapat beberapa style yang digunakan dalam membuat kutipan dan Daftar pustaka seperti, APA, Chicago, Harvard, dll. Setiap perguruan tinggi mempunyai standard style dalam penulisan skripsi/karya ilmiah, silahkan tanyakan ke dosen pembimbing atau redaksi penerbit jurnal untuk aturan style penulisannya.

Dalam membuat daftar pustaka, kita juga dapat memanfaatkan fitur di Word ini dengan memilih tombol Bibliografi, maka secara otomatis akan tergenerate daftar pustaka pada tulisan kita. Jika pada saat proses penulisan kita menambahkan beberapa referensi baru dan perlu ditampilkan di daftar pustaka, kita dapat melakukan pembaharuan dengan cara menempatkan kursor pada tulisn daftar pustaka kita, kemudia akan muncul tombol Perbarui Kutipan dan Bibliografi, pilih tombol tersebut maka daftar pustaka dan kutipan kita akan terupdate.


Membuat daftar pustaka otomatis
Kita dapat juga merubah penggunaan style dengan cara klik tombol dropdown pada bagian Gaya, kemudian pilih style yang kita inginkan, maka otomatis pada kutipan di paragraf kita dan daftar pustaka akan berubah menyesuaikan style pilihan tersebut.

Cukup mudah khan menggunakan fitur Referensi di Microsoft Word, jangan sampai masalah penulisan kutipan dan pustaka menghabiskan waktu kita dalam menyelesaikan penulisan skripsi.

Post a Comment

If you can't commemt, try using Chrome instead.